Pages

Download

^_^ Selamat Datang ^_^
Monday, April 18, 2011

postheadericon Adil dan Egaliter



إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ [١٦:٩٠]
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS 16:90)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ [٥:٨]
Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS 5:8)


Seorang makhluk haruslah bermuamalah dengan adil dimana pun ia berada.  Seorang guru harus bisa bersikap di depan muridnya, baik dalam membagikan tugas maupun kewajiban. Jikalau memang ia membutuhkan partisipasi kolektif, atau juga ketika mengistimewakan sebagian murid yang lain, maka disitu keadilan harus benar-benar  ditegakkan. Jikalau ia membutuhkan kualitas, maka ia tidak boleh memihak kepada siapapun atau juga mengistimewakan seseorang daripada yang lain, hanya karena krabatnya. Karena itu jika ia melakukannya, itu merupakan kezaliman.
Wahai Guru: Jika ada diantara salah satu anak muridmu hubungan krabat atau sahabat, maka jauhkanlahmata dan telingamu (harus adil) diantara murid-murid yang lain.  Dari Hasan al-Basyri, Ia berkata “Ketika seorang guru membagikan hadian dan dia tidak berlaku adil terhadap muridnya maka ia telah dicatat melakukan kezaliman”


(Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub, dalam bukunya berjudul Muhammad saw Al-Mu'allimul an-wal)



0 comments:

Total Pageviews

tes-psikologi

My Yahoo

^_^ Mohon Maaf Blog masih dalam perbaikan ^_^

BThemes


ShoutMix chat widget